Rabu, 06 Maret 2013

Di Kritik... Jangan Sedih


kedengkian mereka kepada Anda bila Anda hadapi dengan sikap yang sabar, maka sesungguhnya akan membuat Anda mendapat pahala karenanya. Selanjutnya, kritikan mereka itu menunjukkan harga bobot Anda. Orang yang berakal sehat tidak akan menendang anjing yang telah mati dan orang-orang yang dianggap sepele tidak akan ada orang yang dengki kepadanya.
Seorang penyair mengatakan:
Sesungguhnya orang-orang yang mulia lagi terhormat pasti engkau jumpai banyak yang dengki kepada mereka
Dan engkau pasti tidak akan menjumpai
orang-orang yang tercela ada yang dengki kepada mereka

Penyair lain mengatakan:
Mereka mendengki pemuda sejati karena mereka tidak berhasil seperti dia
dan seniua orang pasti akan membenci dan ineinusuhinya
Sania halnya dengan istri cantik yang memiliki banyak madu
para madu ini pasti akan mengatakannya bahwa ia buruk rupa
karena dengki dan benci kepadanya

Zuhair mengatakan dalam bait syairnya:
\Banyak orang yang dengki kepada mereka karena mereka hidup senang
padahal kedengkian orang-orang yang dengki tidak dapat mencabut kesenangan
yang telah Allah berikan kepada mereka

Penyair yang lain mengatakan:
Mereka tetap dengki kepadaku sekalipun aku telah mati
Sungguh menyedihkan
sampai setelah matipun  aku tidak pernah terbebas dari kedengkian orang

Seorang penyair mengatakan:
Engkau mengeluh karena sikap aniaya para pengumpat
dan engkau tidak akan mer jumpai orang yang mulia
inelainkan pasti ada yang dengki kepadanya
Wahai keturunan orang-orang yang mulia, kedengkian terhadapmu
tidak pernah padam, karena hanya orang rendah lagi miskin sajalah
yang tidak dijumpai pendengkinya

Penyair lainnya lagi mengatakan:
Bila kemuliaan seorang pemuda mencapai setinggi langit
dan dia menjadi seakan-akan salah satu di antara bintang-bintangnya
orang lain pasti akan menghujaninya dengan berbagai cercaan yang tidak layak
padahal cercaan mereka tidak dapat meraih hasil apa pun yang mereka dambakan
Musa as pernah meminta kepada Tuhannya agar membung­kam mulut manusia yang dengki kepada dirinya, maka Allah menjawab: "Hai Musa, kalau Aku, Aku tidak akan menggubris hal tersebut. Sesungguhnya Aku telah menciptakan mereka dan memberi mereka rizki, tetapi mereka mereka balas mencaci dan memaki-Ku."
Dalam sebuah Hadits Qudsi disebutkan bahwa Allah telah berfirman: "Anak Adam mencaci dan memaki-Ku, padahal tidak pantas ia berbuat demikian. Adapun caciannya terhadap-Ku karena dia mencaci masa, padahal Aku adalah (yang menciptakan) masa: di tangan kekuasaan-Kulah semua urusan. Aku membolak-balikkan madam dan siang menurut apa yang Kukehendaki Adapun makian­nya terhadap-Ku karena dia mengatakan bahwa Aku mempunyai istri dan anak, padahal Aku tidak punya istri dan tidak pula anak. "6"

Sesungguhnya Anda tidak akan dapat mengekang mulut manusia untuk tidak menebar kebohongan tentang kehormatan Anda, tetapi Anda mampu berbuat kebaikan dan menghindari ucapan dan kritikan mereka.

Hatim mengatakan:
Betapa seringnya aku inendengar kata-kata orang yang dengki
padahal aku tidak bersalah, maka kukatakan:
Berlalulah dariku, engkau tidak akan mempengaruhiku."
Mereka mencela diriku dengannya, padahal aku tidak tercela olehnya dan sama sekali tidak menyebabkan keningku berkerut karenanya

Penyair lainnya mengatakan:
Sesungguhnya aku bersua dengan orang yang kurang akalnya
lalu ia mencaciku,maka saat itu juga aku berlalu darinya seraya berkata:
"Tidak ada gunanya bagiku melayaninya"

Penyair yang lainnya lagi mengatakan:
Jika orang yang kurang akalnya berbicara, janganlah engkau menanggapinya
Sikap yang paling baik untuk  menghadapinya adalah diam
Sesungguhnya orang-orang yang rendahan lagi merugi akan menemukan tantangan sikap yang acuh tak acuh dari orang-orang yang mulia, cemerlang, lagi genius.
Apabila kebaikan yang telah kulakukan, dianggap sebagai suatu kesalahan
maka ajarilah aku bagaimana aku harus beralasan

Kebanyakan para hartawan hidupnya dilanda oleh stress. Hanya bila indeks saham mereka naik, barulah tekanan darah mereka turun menjadi stabil. "Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta lagi menghitung-hitungnya. Ia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam
Huthamah. *'(Qs 104:1-4)
Seorang pujangga Arab mengatakan: "Lakukanlah sesuatu yang benar, kemudian palingkanlah diri Anda dari setiap kritikan yang tak beralasan."
Termasuk hal yang berfaidah dan pengalaman yang berharga adalah saran-saran berikut:
Jangan Anda balas setiap kalimat, ucapan, atau syair yang melukai diri Anda dengan hal yang semisal. Sesungguhnya sikap tegar Anda akan mengubur kelemahan Anda; sikap santun Anda akan memuliakan diri Anda; sikap diam Anda akan mengalahkan musuh-musuh Anda; dan sikap pemaaf Anda akan mendatangkan pahala dan kemuliaan bagi diri Anda. Sebagian orang-orang yang membaca cacian yang ditujukan terhadap diri Anda dalam waktu yang dekat akan melupakannya dan sebagian yang lain tidak membacanya, sedang yang lainnya lagi tidak mau tahu sebab dan permasalahannya. Oleh karena itu, jangan Anda masukkan hal tersebut ke dalam lubuk hati Anda yang pada akhirnya mendorong Anda untuk melayaninya.

Salah seorang yang bijak mengatakan: "Banyak orang yang melupakan diriku dan diri Anda karena krisis pangan yang mereka alami. Sesungguhnya kehausan yang dialami oleh seseorang dari mereka sudah cukup menjadi faktor yang menyebabkan mereka melupakan kematian diriku dan diri Anda."

Seorang penyair mengatakan:
Sembunyikanlah kesusahan dan kesedihanAnda dari teman-teman duduk Anda
bila teman-teman duduk Anda hanya terdiri dari para pendengki
dan orang-orang yang senang dengan penderitaan Anda
Rumah tangga yang penuh dengan ketenangan sekalipun hanya punya roti gandum jauh lebih baik daripada rumah tangga yang penuh dengan beraneka ragam lauk-pauk yang membangkitkan selera makan, tetapi penuh dengan keri ibutan dan kekacauan.
RENUNGAN
Jangan bersedih, karena penyakit dapat diobati; musibah pasti akan berlalu; dosa akan diampuni; utang dapat dilunasi; yang dipenjara pasti akan bebas; yang absen pasti akan datang; yang durhaka dapat bertobat, dan yang fakir akan beroleh kecukupan.
Jangan bersedih. Pernahkah Anda melihat awan vang hitam bagaimana ia tersingkapkan: malam yang gelap bagaimana ia menjadi terang: angin yang ribut bagaimana ia menjadi reda; dan badai yang mengamuk, bagaimana ia menjadi tenang kembali? Kalau demikian, berarti semua kesulitan Anda akan berakhir dengan kemakmuran; kehidupan Anda sekarang akan menjadi senang; dan masa depan Anda akan menjadi cerah.
Jangan bersedih. Sengatan panas mentari dapat dijinakkan oleh naungan yang teduh; rasa haus di tengah hari dapat disejukkan
oleh air yang jernih lagi menyegarkan; perihnya rasa lapar yang mendera perut dapat diredakan dengan roti yang hangat; derita susah tidur akan dtiringi dengan tidur yang nyenyak: dan pedihnya rasa sakit akan terlupakan oleh nikmatnya kesehatan. Semuanya itu dapat Anda raih hanya memerlukan sedikit kesabaran Anda dan ketabahan Anda dalam menunggu tibanya saat tersebut.
Jangan bersedih. Para dokter kebingungan: orang-orang yang bijak tidak berdaya; para ulama terdiam, para penyair saling bertanya; dan semua upaya menemui jalan buntu menghadapt kekuatan taqdir, ketentuan qadha', dan kepastian terjadinya taqdir.
'Ali bin Jabalah mengatakan:
Semoga jalan keluar akan menjadi kenyataan Semoga jiwa kita terhibur oleh harapan
Jangan engkau putus harapan
jika engkau merasakan kesedihan mulai mencekam jiwa
Saat yang paling dekat bagi seseorang untuk mendapat jalan dari kesusahannya ialah bila ia mulai  putus harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar